Senin, 20 Oktober 2014

HUBUNGAN PENGETAHUAN, PEMANFAATAN KUALITAS MEDIA CUCI TANGAN DENGAN PRAKTEK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) SEKOLAH MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA KELAS V SD INPRES DI WILAYAH KELURAHAN NAIKOTEN I KUPANG.



HUBUNGAN PENGETAHUAN, PEMANFAATAN KUALITAS MEDIA CUCI TANGAN DENGAN PRAKTEK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) SEKOLAH MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA KELAS V SD INPRES DI WILAYAH KELURAHAN NAIKOTEN I KUPANG. Nomensen L. Banunaek, Marylin S Junias, Sintha L Purimahua.

Siswa Sekolah Dasar merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dijaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya. Rendahnya PHBS siswa sekolah dasar diakibatkan karena kurangnya pengetahuan dan kualitas media cuci tangan yang kurang memadai sehingga berdampak pada praktek PHBS mencuci tangan pakai sabun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Pemanfaatan Kualitas media cuci tangan, Dengan Praktek PHBS Mencuci Tangan pakai sabun Pada Siswa Kelas V SD Inpres di Wilayah Kelurahan Naikoten I Kupang. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan rancang bangun cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa Kelas V Sekolah Dasar Inpres yang berada diwilayah Kelurahan Naikoten I Kupang, yang berjumlah 99 orang, yang semuanya diambil sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 58,6% berada pada kelompok umur 10 tahun, 4,0% berada pada kelompok umur 12 tahun, 58,6% berjenis kelamin perempuan, 41,4% berjenis kelamin laki-laki, 94,9% berpengetahuan baik, 5,01% berpengetahuan buruk, 80,0% memiliki kualitas media cuci tangan kategori baik, 20,0% memiliki kualiatas media cuci tangan kategori buruk, 49,5% memanfaatkan kualitas media cuci tangan yang baik, 50.5% memanfaatkan kualitas media cuci tangan yang buruk, 63,6% melaksanakan praktek PHBS, 36,4% tidak melaksanakan praktek PHBS. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan Praktek PHBS mencuci tangan pakai sabun (p < 0,05), ada hubungan antara pemanfaatan kualitas media cuci tangan dengan Praktek PHBS mencuci tangan pakai sabun (p < 0,05). Pihak sekolah, orang tua, dan puskesmas diharapkan selalu memberikan informasi tentang PHBS mencuci tangan pakai sabun serta menjaga ketersediaan sarana dan prasarana yang ada.

Kata Kunci       : Pengetahuan, Pemanfaatan Kualitas Media Cuci Tangan,                                  Praktek PHBS, Siswa Sekolah Dasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar