Senin, 20 Oktober 2014

KAJIAN TENTANG ALASAN IBU NIFAS TIDAK MELAKUKAN KUNJUNGAN PELAYANAN KESEHATAN IBU NIFAS SECARA LENGKAP DI PUSKESMAS SIKUMANA KOTA KUPANG TAHUN 2013



KAJIAN TENTANG ALASAN IBU NIFAS TIDAK MELAKUKAN KUNJUNGAN PELAYANAN KESEHATAN IBU NIFAS SECARA LENGKAP DI PUSKESMAS SIKUMANA KOTA KUPANG TAHUN 2013, Isma Ita P. Majid, Fransiskus G. Mado, Serlie Littik.

Cakupan pelayanan kesehatan ibu nifas di Puskesmas Sikumana dalam tiga tahun terakhir mengalami kenaikan yang lambat bila dibandingkan dengan puskesmas lain di Kota Kupang yaitu Tahun 2010 (52,8%), 2011 (55,9%) dan 2012 (61,5%). Masa nifas masih potensial mengalami komplikasi sehingga perlu perhatian dari tenaga kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan ibu nifas tidak melakukan kunjungan pelayanan kesehatan nifas secara lengkap di Puskesmas Sikumana Kota Kupang Tahun 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah ibu nifas yang melakukan kunjungan nifas pertama (KF1) tetapi tidak melakukan kunjungan nifas yang kedua (KF2) dan atau ketiga (KF3) atau dengan kata lain ibu nifas yang tidak melakukan kunjungan nifas secara lengkap yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) paritas tidak menjadi alasan mengapa ibu tidak melakukan kunjungan nifas secara lengkap bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan dan menjadi alasan bagi ibu yang sudah dua kali atau lebih melahirkan; (b) Pengetahuan ibu nifas yang kurang menjadi alasan mengapa ibu tidak melakukan kunjungan nifas secara lengkap; (c) adanya kepercayaan ibu bahwa dengan melakukan pengobatan tradisional dapat menghilangkan berbagai keluhan yang dirasakannya pasca persalinan; (d) dukungan suami/mertua bisa menjadi alasan dan bisa juga tidak menjadi alasan ibu tidak melakukan kunjungan nifas secara lengkap; (e) jarak bisa menjadi alasan dan bisa juga tidak menjadi alasan ibu tidak melakukan kunjungan nifas secara lengkap; (f) faktor kebutuhan adalah alasan mengapa ibu tidak melakukan kunjungan nifas secara lengkap. Disarankan pihak puskesmas untuk meningkatkan penyuluhan tentang kunjungan nifas.

Kata kunci     : Ibu Nifas, Kunjungan Pelayanan Kesehatan Ibu Nifas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar